29 Agustus 2009

Matematika bersama Pak Slamet



Pak Slamet, begitulah saya memanggil beliau. Seorang sosok guru dewasa yang sangat saya kagumi dan tentu saya banggakan. Beliau sangat disiplin dan rapi. Saya mengenal beliau saat kelas 2 SMP. Saya bersekolah di SMPN 4 Balikpapan, dahulu sebutannya SLTPN 4 Balikpapan. Beliau mengajar mata pelajaran Matematika. Sebuah mata pelajaran yang menjadi momok bagi banyak siswa. Tidak bagiku tentu saja. 
Awal perkenalan dengan Pak Slamet ini cukup tidak mengasyikkan. Bukan karena tidak mengerjakan PR atau tidak bisa mengerjakan tugas yang diberikan, tapi karena "terlambat" masuk.
Masih ingat, ketika itu mata pelajaran Matematika ini pukul 7, jam pertama. Biasanya Bapaknya ini datang tepat jam 7. Karena rumah saya jauh di Kariangau, jadi kadang telat. Biasanya Bapaknya minta surat izin masuk dari guru piket. Malunya kalau mengingat itu. Tapi, saya terlambat bukan karena terlambat bangun atau apa, memang rumah yang harus menyeberangi laut, jadi akses transportasi rada susah.
Dengan mendapatkan nilai bagus dalam ulangan, rajin mengerjakan PR dan tugas, serta cepat dalam menangkap materi yang diberikan oleh Pak Slamet, saya jadi lebih diperhatikan dibanding anak yang lain di kelas. Hal itu terlihat sekali. Bahkan anak-anak yang lain pun menjuluki saya "anaknya Pak Slamet". 
Hingga akhirnya ada Olimpiade Matematika di SMPN 1 Balikpapan. Saya mengikuti, tapi sayang tidak lolos 5 besar. Tapi tidak apalah, yang penting sudah mencoba.
Pak Slamet ini banyak memberikan motivasi kepada saya. Saya juga sering konsultasi masalah soal-soal Matematika yang ribet ke beliau. 
Karena bantuan beliau-lah, saya lebih focus ke Matematika, hingga pengalaman-pengalaman hidup saya berkaitan dengan Matematika.
Semoga Allah yang membalas jasa-jasa beliau terhadap saya. 
Saya hanya bisa mendo'akan Pak Slamet bahagia di dunia dan akhirat.
Amiiin...

0 komentar: