02 September 2009

Jambu

Jambu, siapa yang tidak kenal dengan buah ini. Jambu merupakan salah satu buah yang kaya akan air dan vitamin C. Berbagai jenis jambu tersebar di seluruh Indonesia.
Di sekitar rumahku ada berbagai jenis pohon jambu. Ayo kita lihat satu per satu.

1. Jambu Air
Jambu jenis ini banyak terdapat di daerah di Indonesia, termasuk Kariangau tentunya. Dari jambu air ini banyak lagi jenisnya. Ada yang warnanya merah, hijau, bahkan merah yang agak muda. Bentuknya pun beranekaragam. Di antara jambu lainnya, jambu jenis ini yang paling banyak airnya (sok tau), kenapa? Ya, namanya aja sudah jambu air, berarti airnya ada donk ya, hahahaaa :-) (nggak nyambung).

2. Jambu Biji/Jambu Klutuk
Jambu jenis ini biasanya sangat banyak di rumah-rumah warga. Mungkin karena paling banyak manfaatnya. Buah dan daunnya pun dapat mengatasi masalah -masalah pencernaan manusia. Nah, di antara jambu lain, jambu ini yang paling banyak bijinya. Bagian tengah jambu ini, isinya biji semua. Mungkin jambu ini yang dagingnya paling sedikit dan tipis, soalnya kumpulan biji di dalam bagian tengah sangat banyak dan menumpuk.

3. Jambu Bol
Jambu jenis ini... hmm... rada bingung mendeskripsikan jambu ini. Jambu ini seperti apel bentuknya. Agak bundar dan warnyanya pun kadang ada yang merah, kadang ada yang warnanya merah muda seperti apel. Biasanya dalam 1 pohon itu ada 2 jenis jambu yang akan tumbuh. Aneh memang, padahal 1 pohon. Jambu yang warnanya agak merah muda itu bentuknya besar, dan jambu yang warnanya merah itu lebih kecil ukurannya.


4. Jambu Putih/Jambu Agung
Jambu jenis ini jarang aku temui di daerah lain. Aku nggak tau apakah penyebaran vegetasi ini memang hanya di daerah tertentu (wow, kerennya bahasanya). Jambu jenis ini paling besar di antara jambu-jambu yang ku sebutkan di sini. Ukurannya bahkan bisa melebihi kepalan tangan orang dewasa. Mungkin karena itu beberapa orang menyebutnya jambu agung. Warnanya yang putih juga menyebabkan jambu ini dipanggil jambu putih. Rasanya masam tapi segar. Cocok sekali buat ibu-ibu yang biasanya ngidam yang masam-masam, atau untuk rujak.



5. Jambu Merah
Jambu jenis ini sangat mirip dengan jambu putih, kalau bisa disebut saudara kembar deh. Pas banget deh kalau kedua jambu ini digabung. Ukurannya memang lebih kecil jika dibandingkan dengan jambu putih/jambu agung. Warnanya sebenarnya tidak merah menyala, tetapi agak merah kehitaman, bahkan sebenarnya jambu tadi bisa dikatakan jambu merah karena warnanya lebih merah menyala dibandingkan jambu ini.

(bersambung... penulis sedang mengumpulkan foto jambu)

0 komentar: